WELLCOME TO MY STORY

Selamat datang dan terimakasih kepada para pengunjung blog yang telah aku buat.

Blog ini memang khusus bercerita tentang kisah-kisah hidup baik dari diriku sendiri maupun kisah hidup orang lain.

Semoga para pengunjung bisa menikmatinya

Thanks guys ^_^

Selasa, 11 Oktober 2011

Gamelan dam Karawitan

Tentu kita sebagai orang jawa tidak asing lagi dengan seperangkat alat musik tradisional ini. Pada kesempatan ini saya tidak membahas apa itu pengertian gamelan secara harfiah. Akan tetapi sy akan mengulas tentang ekskul yang mulai berjalan di SMKN 1 Trenggalek. Yaitu ekskul karwitan.

Smkn 1 Trenggalek adalah sebuah sekolah teknik yang memiliki warga sekolah pecinta seni tinggi. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan seperangkat gamelan di sebuah ruangan di sudut perpustakaan. Akan tetapi saat sy mulai terdaftar sebagai warga smkn 1 t.galek yaitu pad tahun 2009 seperangkat gamelan itu terabaikan keberadaannya. Hanya beberapa alat yang sering keluar untuk digunakan sebagai iringan tari Turangga Yaksa. Mungkin adanya titik jenuh yang membuat keberadn alat musik tradisional it sedikit terlupakan. Hal ini cukup mengusik saya meskipun jujur saya tidak bisa memainkannya. Sehingga dengan sedikit perbincangan dengan osis di bagian sekbid seni sy memberanikan diri untuk membuka pendaftaran ekskul pada awalnya saya sebut penabuh jaranan. Saya tidak berani menyebutkan karawitan karena yang namanya karawitan cukup rumit. Baik saya maupun anak anak osis tidak ada yang paham dengan pakem karawitan itu sendiri. Saya berfikir sederhana pada waktu itu yang penting siswa bisa memberdayakan gamelan dan ada penerus penabuh saat osis sekbid seni reorganisasi.

Setelah poster terpasang ternyata banyak juga yang mendaftar dari anak pertanian sampai TSM. Akan tetapi ada orotes dari Bpk Agus lestyono sebagai pengamat seni SMKN 1 t.galek beliau lebih setuju klo istilahnya bukan penabuh jaranan akan tetapi karawitan. Saya beralasan bahwa tidak ada yang bisa karawitan baik saya maupun osis. Beliau menyarankan untuk meminta bantuan Bpk Suhardiono yang ternyata merupakan pakar karawitan. Setelah pembicaraan cukup panjang akhirnya Bpk Suhardiono kerso juga untuk membimbing pengembangan diri anak anak dibidang karawitan.

Hari pertama latihan dihadiri 11 siswa dengan semangat dan antusias tinggi. Seneng rasanya mendengar tawa dan juga rasa ingin tau yang tinggi dari ekspresi polos mereka. Setelah latihan berjalan meskipun suaranya masih banyak yang tidak pas tempo dan nada akan tetapi sudah berirama yang mulai terdengar harmoninya.

Ehm senang rasanya bisa menghidupkan kembali 'kleningan' di sudut perpustakaan semua ini bisa terwujud berkat dukungan n dorongan seluruh warga SMKN 1 T.galek.

Semoga di penampilannya yang perdana kelak gamelan secara live akan menunjukkan bahwa sekolah kita menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia. Amien....
Published with Blogger-droid v1.7.4

1 komentar: